--> Skip to main content

Belajar Dirumah Membosankan? Inilah 10 Tips Belajar Dirumah Supaya Tidak Bosan

Dickyanyo.com - Selama masa Pandemi Covid-19 ini membuat anak-anak diseluruh Indonesia bahkan hampir seluruh dunia libur panjang, mungkin sebagian besar anak merasa bahagia karena tidak pergi ke sekolah dan belajar, tapi tidak semua anak merasa hal demikian karena pasti banyak anak juga yang merasa rindu dengan sekolah dan belajar bersama dengan teman-temannya.

Karena hal itu juga membuat pemerintah mewajibkan setiap anak untuk tetap belajar dirumah selama masa pandemi Covid-19 ini, pemerintah juga menyediakan saluran TV untuk anak-anak dapat tetap belajar selama dirumah. Tapi yaitu dia gan hal yang mungkin membuat para anak menjadi semakin bosan dengan belajar dirumah, mungkin bisa karena mereka tidak belajar bersama dengan temannya atau hal lainnya.
Belajar Dirumah Membosankan? Inilah 10 Tips Belajar Dirumah Supaya Tidak Bosan

Nah supaya belajar dirumah tidak membosankan kali ini dickyanyo.com memiliki beberapa tips yang mungkin bisa membantu anda semuanya, supaya anak tetap mau belajar selama dirumah dan mereka juga tidak merasa bosan selama belajar dirumah, berikut ini adalah 10 tips belajar dirumah supaya tidak membosankan selama masa pandemi Covid-19.

1. Manfaatkan Aplikasi Belajar

Jaman yang semakin canggih seperti sekarang ini membuat kita mudah dalam melakuan hal apapun termasuk untuk belajar. Mungkin banyak anak yang saat ini merasa bosan karena harus tetap belajar dirumah, tapi hampir semua anak saat ini pasti suka bermain gadget dan hal itu bisa kita manfaat untuk memberikan sang anak beberapa aplikasi belajar yang bisa mereka gunakan.
Selain mereka tetap bisa bermain dengan gadgetnya, mereka juga dapat pembelajaran baru dari aplikasi-aplikasi belajar, manfaatklah aplikasi tersebut untuk belajar selama dirumah.

2. Tetapkan Rutinitas

Walaupun saat ini anak-anak berlibur tapi tidak ada salahnya jika kita sebagai orangtua memberikan atau menetapkan rutinitas bagi anak kita, misalnya seperti membuatkan jadwal keseharian mereka dari mulai belajar, bermain, membantu pekerjaan rumah dan lain sebagainya.
Hal ini bisa kita lakukan dan tentunya akan sangat berdampak juga untuk sang anak, mereka jadi akan mengerti dengan pekerjaan rumah dan mereka juga bisa membiasakan hal tersebut dari usianya saat ini.

Baca : Cara Menjaga Nilai Aset yang Anda Miliki

3. Mencari Aktivitas

Banyak aktivitas yang juga bisa dilakukan selama masa pandemi sekarang ini, memang belajar dirumah terus menerus membosankan bagi sang anak, maka dari itu sebagai orangtua kita harus bisa kreatif supaya anak kita tetap mau belajar, karena belajar itu bisa dimana saja dan bisa kapan saja.
Dengan beberapa ide aktivitas yang bisa dilakukan seperti berolahraga bersama ayah dan ibu di rumah, bermain bersama atau hal lainnya yang bisa dilakukan bersama, tapi tetap usahakan masih berada di lingkungan rumah saja yah sob.

4. Berolahraga

Bukan hanya belajar saja yang penting selama dirumah, tapi jangan lupakan juga tentang kesehatan sang anak dan kita bisa menemani mereka untuk berolahraga ringan, karena di sekolah pun pasti ada pembelajaran tentang olahraga dan hal itulah yang bisa kita lakukan bersama anak selama dirumah selain dari belajar teori.

5. Praktek Belajar

Kita semua tahu jika selama belajar pasti ada banyak sekali teori yang kita dapatkan akan tetapi praktek dari beberapa teori tersebut sepertinya tidak pernah kita lihat dan tidak tahu bagaimana cara mempraktekannya. Dari sini juga kita bisa melakukan praktek belajar dengan sang anak, praktekanlah beberapa teori dari pelajaran mereka dan hal itu juga akan membuat anak tidak merasa bosan selama belajar dirumah apalagi prakteknya diselingi dengan bermain, pasti akan sangat menyenangkan.

Baca : Cara Mudah Mengatasi Multitouch Error Saat Bermain PUBG Mobile

6. Ciptakan Ruangan Belajar yang Menyenangkan

Belajar terlalu lama memang membosankan dan hal itu tidak bisa kita pungkiri dan pastinya kita juga sempat merasakan hal tersebut. Nah untuk membuat suasana belajar tetap menyenangkan mungkin anda sebagai orangtua perlua menciptakan ruangan yang membuat sang anak merasa nyaman dan juga senang, dengan cara seperti itu pasti sang anak akan merasa semangat dalam belajarnya.

7. Nonton Film

Selain bermain bersama, berolahraga bersama, anda juga bisa mengajak sang anak untuk menonton film bersama. Tapi bukan berarti film apa saja yah sob, usahakan film yang kalian tonton bersama memiliki banyak pembelajaran di dalamnya yang bisa anak kita ambil dan jadikan sebagai pembelajaran, cara ini juga akan sangat efektif untuk membuat anak tetap mau belajar dan tidak merasa bosan.

8. Berkomunikasi dengan Teman

Untuk yang selanjutnya, kalian bisa menghubungi beberapa teman dekat dari sang anak entah itu dengan telepon biasa atau video call. Hal ini bertujuan supaya hubungan anak dan temannya tetap terjalin dan dengan begitu juga mereka bisa tahu satu sama lain dan dengan video call ini juga mereka bisa belajar bersama meski jarak jauh.

9. Buat Sebuah Kerajinan

Selanjutnya kalian juga bisa membuat sebuah kerajinan bersama dengan bahan-bahan yang mudah di dapatkan atau bahan alami yang bisa kita temukan di lingkungan, dengan membuat kerajinan seperti ini juga bisa membuat sang anak tetap merasa senang dan mereka juga mendapatkan pelajaran baru dari kerajinan yang mereka buat.

Baca : Susah Nabung? Coba Pakai Cara Jitu Ini

10. Bermain Game

Tips yang terakhir ini pasti akan membuat anak sangat senang karena pada dasarnya hampir semua anak di seluruh dunia sangat suka bermain game dan dari kesukaannya ini juga bisa kita gunakan supaya sang anak tetap merasa senang selama berada dirumah, tapi tetap harus ingat waktu yah sob dan jangan sampai seharian penuh bermain game juga karena itu tidak baik.

Beberapa tips diatas bisa kita lakukan untuk membuat anak tetap merasa semangat selama belajar dirumah, masih ada banyak tips lainnya yang juga bisa dilakukan untuk membuat anak tidak merasa bosan selama belajar dirumah dan saya juga yakin jika orangtua itu selalu memiliki ide brilian untuk membuat anaknya tetap semangat dalam belajar.

Semoga saja 10 tips diatas bisa membantu anda sebagai orangtua dan semoga juga pandemi Covid-19 ini cepat berlalu supaya kita semuanya bisa beraktivitas seperti biasanya dan tetap semangat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankannya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar