--> Skip to main content

Wajib Tahu! Inilah 7 Cara Penularan Virus Corona

Dickyanyo.com - Penyakit yang sangat mematikan saat ini menjadi hal yang di prioritaskan oleh semua negara, penyakit yang disebabkan dari kelelawar atau yang dikenal sebagai Virus Corona / COVID-19 ini menjadi ancaman yang sangat besar bagi kita semuanya. Dengan waktu yang terbilang sangat singkat penyebaran COVID-19 ini sangarlah cepat dan tentu saja membuat kita semua khawatir dengan virus tersebut.

COVID-19 menyerang sistem pernapasan dan bisa membuat orang yang terkena virus tersebut sesak nafas, sakit tenggorokan dan bahkan sampai kematian sob. Tidak bisa dipungkiri pula karena penyakit ini juga banyak memakan korban jiwa dengan puluhan atau bahkan ratusan lainnya yang terinfeksi virus tersebut memerlukan perawatan intensif. Banyak yang tak sadar dengan gejala dari penyakit yang satu ini dimana gejalanya terlihat seperti flu biasa dan karena hal ini juga yang membuat orang tidak sadar dengan penyakit tersebut.

Maka dari itulah kita wajib tahu proses penularan dari virus corona dan apa saja yang bisa menyebabkan kamu terjangkit virus ini, mulai dari cara penularannya, gejala dan ciri-ciri lainnya yang menyertainya serta cara mencegahnya. Selain itu, cara penularan dari virus corona ini sendiri dapat disebabkan oleh berbagai macam cara dan berikut adalah 7 cara penularan virus corona yang wajib kamu ketahui.

1. Penularan melalui Droplets

 Dikatakan jika penularan melalui droplet inilah yang membuar virus corona mewabah. Perlu kamu ketahui jika droplet merupakan partikel kecil yang keluar atau bersumber dari orang yang menderita penyakit tersebut dan partikel tersebut memiliki kandungan kuman penyakit. Pada umumnya droplet dihasilkan dari batuk, bersin dan bahkan berbicara sehingga droplet tersebut mengendap di udara.
Meski demikian, droplet ini tidak dapat bertahan dalam kurun waktu yang lama dan kamu dapat mencegah penularan dari droplet dengan tetap menjaga kebersihan tubuh kamu dan juga selalu berjaga jarak dengan orang sekitar kamu, meski memang terlihat seperti semobong tapi dengan cara inilah yang kamu lakukan untuk menghindar dari virus corona.

2. Penularan lewat udara
Mungkin kamu bakalan berfikir jika hal ini tidak mungkin terjadi, tapi ketahuilah jika virus corona ini dapat menular melalui atau lewat udara, meskipun kamu sudah berjaga jarak dengan orang-orang sekitar akan tetapi kamu harus tetap menjaga kebersihan diri kamu sendiri dan jangan lupa untuk selalu mencuci tangan dan jangan memegang wajah kalian sembarangan atau sebelum kalian mencuci tangan.

Baca : Menu Diet Sehat yang Membantu Tingkat Sukses Program Diet

3. Batuk dan Bersin mengandung virus
Kamu juga pasti sudah tahu jika penyebaran virus bisa terjadi dari satu orang ke orang lainnya dari batuk atau bersin atau yang disebut dengan transmisi. Penularan dari batuk dan bersin ini juga bisa terjadi kapan dan dimana saja karena kemungkinan besar ketika seseorang batuk atau bersin maka virus tersebut ikut keluar dan kemudian terbang serta menempel pada wajah orang yang sehat.

4. Daya tahan tubuh lemah


Bukan hanya dengan cara penularan diatas saja yang bisa terjadi, tetapi jika daya tahan tubuh kamu lemah pun dapat menyebabkan kamu terserang penyakit, bukan hanya virus corona saja tapi berbagai penyakit juga dapat dengan masuk pada tubuh kamu jika daya tahan tubuh kamu sedang lemah, maka dari itu sangat penting dan wajib bagi kamu untuk tetap menjaga kesehatan dan atur pola makan yang sehat serta istirahat yang cukup.

5. Bepergian ke tempat yang terjangkit virus corona
Jangan pernah kamu meremehkan atau bahkan menantang virus yang saat ini sudah memakan banyak korban jiwa, apalagi jika kamu sampai berani datang ke tempat yang memang terjangkit virus corona. Sangat besar kemungkinan jika kamu tetap bersi keras untuk mendatangi tempat tersebut maka penularan akan sangat cepat dan akan jauh lebih baik jika kamu menjauhi tempat yang terjangkit atau tetap berdiam di rumah saja.

Baca : Lakukan Ini Jika Anak Demam Akibat Terbentur

6. Menyentuh permukaan benda yang sudah terkontaminasi virus
Kita semua saat ini tahu jika pemerintah telah meliburkan semua aktivitas diluar rumah dan akan jauh lebih baik jika kita tetap mengikuti perintah tersebut. Penularan virus ini juga bisa terjadi jika kamu pergi keluar dan memegang permukaan benda yang memang sudah terkontaminasi oleh virus, untuk mencegah hal ini terjadi akan jauh lebih baik jika kamu selalu membawa hand senitizer untuk kamu gunakan saat kamu berada diluar rumah dan sekali lagi jangan pernah sembarangan untuk menyentuh permukaan wajah.

7. Penularan melalui jabat tangan
Hal yang sudah sangat biasa kita lakukan jika kita bertemu dengan seseorang apalagi jika orang tersebut adalah teman lama kita, tetapi untuk saat ini kamu juga harus tetap waspada karena penularan virus corona bisa terjadi saat kamu berjabat tangan dengan orang atau bahkan teman kamu sendiri. Memang sih hal ini rasanya sangat sulit untuk tidak kita lakukan jika bertemu dengan orang, tetapi untuk saat ini akan jauh lebih baik jika kamu tidak berjabat tangan dan kamu bisa gunakan cara lain untuk menyapa mereka supaya virus tersebut tidak menular.

Nah itulah dia 7 cara penularan virus corona, virus yang sangat mematikan ini telah banyak memakan korban jiwa dan masih ada ratusan orang yang menderita dan butuh perawatan intensif. Untuk mencegah virus tersebut mewabah kita memang harus benar-benar menjaga kebersihan dan jangan sembarangan untuk melakukan hal-hal diatas, lebih baik berdiam diri dirumah walaupun memang membosankan berada dirumah tetapi itu jauh lebih baik dari pad akita harus menderita penyakit mematikan tersebut,

Mari kita semua satukan dalam doa supaya para dokter dan para akhli medis dapat menemukan obat untuk menyembuhkan saudara-saudara kita yang menderita penyakit tersebut dan semoga saja semua ini segera berakhir supaya kita dapat beraktifitas kembali seperti biasanya. Amin.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar