Skip to main content

5 Cara Meningkatkan Semangat Menulis

Hallo sahabat Anyo, Apakah anda saat ini merasa malas untuk menulis sebuah artikel? Sebagai seorang Blogger baru saya merasakan hal yang sama seperti anda Blogger yang baru juga, pasalnya saya merasa malas untuk menulis, bingung untuk membuat judul, bingung mencari cara agar saya bisa tetap menulis setiap harinya. Hal seperti ini terus berulang kali saya rasakan dan samapi saat ini saya juga masih merasakan kemalasan untuk membuat tulisan di blog saya, tapi anehnya untuk menjadi Content Writer di Website orang, saya selalu bisa menulis setiap hari dan bahkan bisa sampai 10 - 17 artikel dalam sehari, aneh sekali bukan? Maka dari itulah saya akan mencoba berbagi cara untuk meningkatkan semangat menulis.

Meskipun saya masih belajar dalam membangun sebuah blog, tapi setidaknya saya akan mencoba membagikan pengalaman saya untuk terus bisa menulis walaupun satu hari hanya satu artikel untuk Blog saya pribadi dan berikut ini adalah 5 Cara Meningkatkan Semangat Menulis.

1. Jangan Tidur Tengah Malam

Kebanyakan Blogger biasanya akan menulis pada malam hari, karena di siang harinya mereka akan bekerja di dunia nyata dan rasanya akan sulit jika saat bekerja kita membuat sebuah artikel, maka dari itu kebanyakan Blogger akan update tulisannya pada malam hari dan hal ini bisa sampai tengah malam, mungkin sekitar jam 00.00 mereka baru selesai dan barulah bisa tidur.

Hal ini memang tidak salah, tapi setelah saya merasakan sendiri ternyata hal ini sangat tidak baik dan bahkan tidak bagus juga buat kesehatan kita, meskipun kita berhasil dalam menulis artikel pada tengah malam, tapi keesokan paginya pasti kita akan merasa sangat malas sekali untuk bangun dan seolah kehilangan semangat di keesokan harinya. Nah bagi kalian yang mungkin saat ini belum Full Time dengan Internet dan bekerja di perusahaan tertentu, saya memiliki saran untuk anda dan untuk tetap menjaga kesehatan anda.

Misalkan anda bekerja pada pukul 07.00 - 18.00 atau lebih, and bisa menulis artikel pada waktu subuh usai Sholat subuh bagi umat Muslim atau Berdoa pagi bagi umat Non Muslim sekitar jam 05.00, anda bisa membuat satu atau dua artikel dan cobalah untuk membiasakannya. Nah untuk malam harinya setelah anda pulang bekerja anda bisa beristirahat sejenak dan anda bisa menulis satu artikel lagi, tapi usahakan jangan lebih dari jam 22.00, misalkan jam 20.00 anda sudah menyelesaikan satu tulisan dan setelah itu anda bisa langsung tidur, sehingga pada keesokan harinya anda akan terbangun dengan penuh semangat dan anda bisa menulis kembali.

Hal ini bisa anda lakukan setiap hari jika anda memang belum Full Time dengan Internet, selain menjaga kesehatan, anda juga akan menjadi lebih terbiasa dan blog anda setiap harinya akan terus terupdate dengan postingan terbaru anda, meskpun hanya satu atau dua artikel saja.

2. Buat Jadwal Menulis Anda Sendiri

Kedengarannya seperti kanak-kanak tapi pada kenyataannya hal ini sudah dilakukan oleh para Master Blogger, dimana mereka akan selalu konsisten membuat tulisan baru pada jam tertentu dan biasanya seorang Blogger yang sudah Full Time dengan Internet akan membuat tulisan baru pada siang hari. Setiap hari saya pun sama merasa malas untuk menulis artikel baru, tapi rasanya rasa malas itu akan dipaksakan jika kita melihat jadwal yang sudah kita buat sendiri, bisa itu dengan menempelkan kertas pada PC/Laptop anda dengan tulisan JADWAL MENULIS atau membuat alarm pada Smartphone anda sebagai tanda pengingat anda untuk membuat artikel baru.

Memang pada awalnya saya sering mengabaikan jadwal yang sudah saya buat, tapi lambat laun jika dalam diri kita sudah dibarengi dengan disiplin kita sendiri maka rasa tanggung jawab untuk membuat artikel baru itu akan muncul kembali setelah melihat jadwal atau mendengar bunyi alarm yang sudah kita buat. Jika saya pribadi, saya membuat keduanya, dimana saya buat tulisan jadwal tepat didekat tempat tidur saya sendiri sehingga saat saya bangun, saya bisa melihat dan mengingat untuk menulis artikel baru pada jam tertentu, ya meskipun terkadang suka mengabaikannya. Selain kertas, saya juga sengaja pasang 2 alarm pada 2 Smartphome saya dimana jamnya yang saya bedakan karena biasanya pada jam yang sudah kita jadwalkan ternyata ada kesibukan lain atau urusan yang lebih penting.

Baca Juga : Cara Mudah Mendapatkan Uang 1 Juta Pertama Dari Internet 

Meskipun pada awalnya merasa kesulitan untuk disiplin, tapi jika sudah biasa maka semuanya akan terasa mudah dan karena hal ini juga yang membuat saya selalu semangat, tapi salahnya semangat saya masih menjadi penulis di Website orang lain hehehe.

3. Refreshing Otak

Bukan berarti kita merefresh otak kita dengan cara yang negatif ya sob. Untuk refreshing otak ini saya rasa sangat ampuh sekali, dimana jika saya merasa sangat malas untuk menulis, saya akan melihat video Youtube, menonton TV, mendengarkan music atau bermain bersama keluarag (Jika sudah menikah), berkumpul bersama teman dan masih banyak hal lainnya. Memang kedengarannya sangat biasa, tapi dengan cara ini kita bisa membuat otak menjadi lebih fresh dan bahkan saat kita melakukan hal-hal diatas biasanya akan muncul sebuah ide yang bisa kita jadikan untuk tulisan baru kita.

Meskipun sudah Full Time dengan Internet, tapi kita jangan lupakan juga untuk bersosialisasi karena kita manusia hidup berdampingan dan jika kita terus berada di depan layar PC/Laptop rasanya sangat mumet sekali. Jadi ada waktunya untuk kita mencari hiburan untuk membuat otak kita menjadi fresh. Hal ini juga sering saya lakukan dan terbukti sangat ampuh bagi diri saya, dimana saya akan mendengarkan musik atau menonton Boruto Episode Terbaru (Jika sudah Keluar) hehe. Setelah itu saya akan merasakan jauh lebih semangat untuk membuat tulisan baru dan terkadang mendapatkan ide tulisan baru, meskipun kebanyakan saya hanya membuat artikel Aneh dan Unik saja hehe.

Anda juga bisa mencoba cara ketiga ini, jangan sampai otak anda dibuat mumet dengan terus memandangi layar PC/Laptop apalagi jika anda sama seperti saya yang belum bisa menghasilkan uang dari Blog sendiri, duh rasanya semangat itu selalu hilang. Tapi jika kita pikir ulang, bagaimana bisa blog kita menghasilkan uang jika kita saja jarang update artikel baru di blog yang sudah kita buat, benar kan? 

4. Bangun Semangat Anda Dengan Pasangan

Untuk yang satu ini mungkin akan berbeda lagi ceritanya jika anda sudah menikah dan memiliki anak, anda pasti akan merasa jauh lebih semangat ketika anda melihat istri dan anak anda, selain itu anda juga akan mendapatkan semangat yang berbeda karena harus bisa membuat mereka bahagia, menafkahi mereka dan lain sebagainya. Namun hal ini akan sangat sulit rasanya jika anda adalah seorang Jomblo (Kidding).

Ketika kemalasan menghantui hati, jiwa dan pikiran saya untuk menulis, biasanya saya akan menghubungi pacar saya, karena saya juga belum menikah. Biasanya saya akan merasa jauh lebih semangat setelah menghubunginy, meskipun banyak tulisan saya yang galau-galau, tapi semua itu hanyalah kenangan masa lalu saja hehehe, kembali ke pembahasan. Semangat menulis anda (Khusus yang belum menikah) biasanya akan menjadi lebih semangat ketika pasangan anda bertanya "Kapan mau nikahin aku?". Pertanyaan yang begitu menusuk hati, jiwa dan pikiran sekali bukan? Tapi disisi lain pertanyaan itu akan membuat anda menjadi lebih semangat loh, dengan pertanyaan dari pasangan seperti itu saya merasakan semangat yang menggebu-gebu untuk menulis tulisan yang baru.
Memang untuk menghasilkan uang dari blog itu memerlukan proses yang begitu panjang, tapi khususnya yang belum menikah seperti saya, bukankah akan menjadi satu tabungan masa depan setelah anda menikah? Jika anda berpikiran sama seperti saya, maka bangunlan semangat anda dengan pasangan anda saat ini, meski mungkin pasangan anda saat ini bukanlah jodoh anda tapi setidaknya ia sudah bisa memberikan semangat bagi anda, dengan kedisiplinan menulis blog setiap hari akan membuat blog anda semakin baik di mata Google dan meski saat ini blog anda belum bisa menghasilkan, tapi apakah 1,2,3,4,5 tahun kedepan akan tetap sama? Nah untuk mendapatkan semua itu, bangunlah semangat anda dari sekarang sebelum menikah dan siapa tau jika nanti anda menikah dan memiliki anak, blog anda yang sudah anda bangun lebih dulu bisa menghasilkan dan bisa untuk membiayai mereka, betulkan? 

Sudah banyak kok yang membuktikannya, meski saya hanya bisa membaca kisahnya saja, tapi mana mungkin seorang blogger berbohong mengenai tulisannya sendiri apalagi sesuai dengan pengalamannya. Saya sering membaca Blognya Mastimon, saya belajar dari beliau meskipun beliau tidak mengenal saya, tapi beliau memberikan pengalamannya sendiri di blognya dan menurut saya semua pengalamannya wajib saya tiru dan anda juga.

5. Bisa Karena Terbiasa

Jika anda sudah melakukan kebiasaan diatas atau kebiasaan pertama dan kedua, maka sudah bisa dipastikan anda tidak akan lagi merasa malas untuk membuat tulisan baru. Semua itu memang tidak mudah dan saya sendiri masih sering merasakan kemalasan tersebut, tapi saya mencoba untuk membiasakan diri dengan berusaha untuk membuat tulisan baru meskipun hanya satu artikel dalam sehari, tapi saya yakin semakin terbiasa maka bukan hanya satu yang bisa ditulis, bisa jadi 10 artikel dalam sehari dalam blog saya akan saya tulis. 

Begitu juga dengan anda yang masih awam dalam dunia Blog seperti saya, lebih baik dari sekarang kita mencoba untuk belajar disiplin diri kita sendiri, mencoba tekun dan juga konsisten. Semua yang ada di dunia ini tidak bisa kita dapatkan dengan instan, semuanya memerlukan proses dan waktu yang tidak sebentar, jika anda tidak berusaha dari sekarang mau kapan lagi?

Jadi pada intinya, kemalasan anda untuk menulis bisa anda buang dengan kebiasaan anda sendiri dengan mencoba untuk berusaha secara perlahan rasa malas tersebut dan yakin jika anda mampu untuk melakukannya, selain itu, anda juga harus rajin ibadah dan berdoa karena semua usaha anda akan sia-sia jika tidak dibarengi dengan ibadah dan berdoa, semua itu adalah hal yang paling utama dan paling penting.

Apakah anda sudah bisa melakukan salah satu dri kelima cara diatas? Jika belum, berarti anda belum mencobanya sama sekali. Cobalah secara perlahan, lama kelamaan anda akan semakin terbiasa dan akan menjadi luar biasa, semua itu ada dalam tangan anda sendiri. Berusahalah selagi muda, jangan pernah menyerah selagi anda bisa, banyak orang yang memiliki keterbatasan dan belajarlah dari mereka yang memiliki semangat sangat luar biasa. Saya yakin anda semua adalah orang-orang yang memiliki semangat hidup luar biasa, semua ada dalam genggaman anda, semoga saja dengan tulisan ini bisa membantu sahabat anyo semuanyda dan terimakasih juga buat Mastimon yang sering membagikan pengalaman Blogging nya, saya banyak belajar dari anda.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar