Cara Mudah Submit Url Google Agar Cepat di Index

Cara Mudah Submit Url Google Agar Cepat di Index

Sahabat Anyo, Apakah Website atau Blog anda tidak terindex Google? Pertanyaan ini sempat saya tanyakan beberapa bulan lalu dan memang benar adanya ketika saya membuat blog baru, blog itu sangat lama sekali tidak terindex oleh mesin telusur Google, saya sempat bingung dengan hal ini, padahal saya sudah membuat artikel hasil tulisan saya sendiri, tapi mengapa Google selalu saja mengabaikan Blog baru saya, sedih rasanya. Jangan sedih sob, karena kali ini saya sudah tahu jawabannya dan saya juga sudah mencobanya sendiri dengan cara yang akan saya bagikan kali ini. Beberapa bulan lalu mungkin kita masih udah untuk Submit Url Google, tapi sayangnya cara submit url Google ini sudah tidak tersedia lagi.
Cara Mudah Submit Url Google Agar Cepat di Index

Perlu diketahui tujuan Submit Url disini adalah agar mesin telusur atau robot google dapat merayapi halaman yang telah disubmit yang nantinya akan muncul dalam pencarian Google. Misalkan anda sudah membuat sebuah artikel/postingan baru dan kalian ingin artikel yang baru kalian buat bisa diindex oleh google dengan cepat, nah untuk melakukannya kita hanya perlu untuk Submit Url saja, tapi karena kini submit url tersebut sudah tidak tersedia, jadinya kita semakin sulit untuk melakukan submit url supaya artikel baru kita cepat terindex. Lalu bagaimana caranya agar saat kita buat halaman atau artikel baru bisa dengan cepat diindex oleh Google?. Sebenarnya Google sendiri akan merayapi semua website yang terdaftar di Google, namun untuk waktunya tidak bisa kita pastikan dan dari artikel yang saya baca bisa jadi 2 minggu atau bahkan sampai bulanan agar Google bisa mengindeks halaman atau artikel baru dan jika sudah maka barulah akan ditampilkan pada pencarian Google. Dikarenakan kita ingin cepat terindex kita bisa menggunakan sebuah fitur dari Google sendiri yang masih tersedia sampai sekarang dan cara ini juga saya lakukan untuk Blog yang saya kelola, cara ini juga sudah terbukti ampuh bisa membuat artikel yang baru kita buat bisa terindex oleh mesin telusur Google. Untuk caranya sendiri adalah dengan Fetch as Google.

Fetch as Google atau ambil sebagai Google ini sebenarnya bukanlah cara baru, tetapi cara ini sudah sejak lama memang ada, dengan cara ini kita bisa memberitahukan Google jika ada suatu perubahan pada Website atau Blog yang kita kelola, selain itu kita juga bisa melakukannya setiap artikel atau postingan yang baru kita buat agar lebih cepat terindex oleh Google, nah untuk caranya sendiri kalian bisa ikuti langkah dibawah ini dan cara ini sudah saya buktikan sendiri dan benar-benar bisa membuat artikel terbaru kita menjadi cepat terindex di mesin telusus Google khususnya.

Langkah-langkah Fetch as Google :


1. Masuk ke halaman https://www.google.com/webmasters/tools/home jika anda belum mendaftarkan Website atau Blog anda silakan daftarkan terlebih dahulu

2. Jika sudah, biasanya untuk yang daftar baru akan dibawa pada halaman seacrh console terbaru, anda bisa buka halaman seacrh console versi yang lama pada menu bagian sebelah kiri

3. Setelah itu anda pilih crawl atau perayapan
Cara Mudah Submit Url Google Agar Cepat di Index

4. Lalu pilih Fetch as Google atau dalam B.Indonesia Ambil sebagai Google

5. Masukan Url yang di index pada kolom yang disediakan dan untuk format penulisannya seperti ini:
Contoh : https://www.dickyanyo.com/2018/11/CONTOH-URL-ANDA
Keterangan : anda hanya tinggal masukan dari url 2018/11/CONTOH-URL-ANDA (tanpa garis miring)
Cara Mudah Submit Url Google Agar Cepat di Index

6. Setelah memasukan Url anda bisa langsung pilih:
  • crawl only this url : pilih ini jika postingan baru tidak terdaoat url lain
  • crawl this url and its direct links : sebaliknya, jika ada url lain dalam postingan bisa pilih yang kedua
7. Kemudian tinggal klik Request Indexing atau Minta Pengindeksan
Cara Mudah Submit Url Google Agar Cepat di Index

8. Isi Recaptcha
Cara Mudah Submit Url Google Agar Cepat di Index

9. Selesai dan tinggal tunggu deh.
Cara Mudah Submit Url Google Agar Cepat di Index

Bagaimana sob sangat mudah sekali bukan untuk submit url Google, cara ini terbukti efektif dan car ini juga saya sering lakukan, sehingga jika saya buat artikel baru akan cepat terindex oleh Google. Namun dari beberapa grup saya ikuti ada juga yang mengatakan Blog mereka masih tetap saja tidak terindex oleh Google dan berikut ini adalah beberapa penyebab yang membuat Website atau Blog anda tidak terindex oleh Google.

Penyebab Website atau Blog tidak Terindex Google

  1. Website atau Blog anda terindex dibawah Domain www atau non-www
  2. Belum selesai dalam pendaftaran webmaster tools atau mesin pencari belum menemukan website anda
  3. Website atau Blog tidak memiliki sitemap atau belum submit sitemap/peta situs
  4. Website atau Blog terblokir oleh Robots.txt
  5. Perayapan yang error
  6. Website atau Blog diblokir oleh .htacces
  7. Website atau Blog terdapat banyak duplikat konten
  8. Website atau Blog terdapat Meta Tag pelarangan
  9. Website atau Blog anda lambat
  10. Website atau Blog yang sering Down
  11. Wesbite atau Blog Deindex, yang ini paling bahaya
Masih banyak yang bisa menyebabkan Website atau Blog anda tidak terindex oleh mesin telusur dan jika hal ini terjadi maka cobalah anda perbaiki satau persatu, namun untuk Website atau Blog yang mengalami Deindex, saya tidak tahu apakah bisa diobati kaya luka mantan atau tidak bisa. Tetapi dari beberapa blog yang saya baca jika sudah mengalami Deindex seperti ini mau tak mau kita harus membuat Website atau Blog yang baru dan supaya kejadian ini tidak terjadi pada anda, lebih baik buat kontent yang benar-beanr original milik anda sendiri dan jangan melanggar peraturan kebijakan Google. Untuk lebih lengkapnya anda bisa kunjungi halaman ini untuk mendapat banyak penjelasannya Indoworx.

Nah sahabat Anyo dengan cara diatas tadi bisa membantu Website atau Blog yang sedang anda kelola saat ini agar cepat terindex oleh Google, jadi sebenarnya cara diatas sudah sejak lama ada, namun memang jarang yang menggunakannya karean dulu Submit Url Google masih bisa, tetapi karena sekarang sudah tidak dapat digunakan sehingga cara lain yaitu dengan cara Fetch as Google, semoga tulisan ini membantu anda semua dan jangan pernah menyerah untuk membangung Website atau Blog yan sob, jika anda punya komentar lain anda bisa komentar dikolom komentar yang sudah disediakan, terimakasih dan salam sukses semuanya.
Advertisement
Buka Komentar
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.