BAHAYA! Inilah Dampak Buruk Bagi Anak Jika Terlalu Banyak Diikutkan Les

BAHAYA! Inilah Dampak Buruk Bagi Anak Jika Terlalu Banyak Diikutkan Les

Anak menjadi pelengkap kebahagiaan sebuah keluarga, banyak orangtua yang ingin anaknya cerdas. Berbagai cara pun dilakukan oleh para orangtua untuk membuat anaknya cerdas, bukan hanya sekolah saja tetapi banyak orangtua yang mengikutkan anaknya les dan bahkan bukan hanya satu les yang diikutkan tapi berbagai macam les diikutkan oleh orangtua.

Tidak salah memang jika para orangtua berusaha untuk membuat anaknya cerdas, tapi ternyata hal itu malah akan membuat anaknya berubah. Dengan les mungkin bisa membuat anak menjadi pintar dalam berbagai macam hal, tapi sayangnya hal ini juga akan mempengaruhi psikologis anak.

Dikutip dari psikoma.com, mengikutkan les anak memiliki dampak buruk bagi anak itu sendiri. Terlalu banyak mengikutkan les anak akan mengurangi waktu untuk istirahat anak, anak juga akan mendapatkan banyak tugas dari les yang diikutinya. Hal itu bisa membuat anak menjadi jenuh, lelah dan waktu untuk bersama dengan orangtua akan menjadi lebih sedikit bahkan jarang.


Rutinitas sekolah dan les membuat anak menjadi kekurangan waktu dalam bermain dengan teman-temannya, tugas yang tak henti-hentinya selalu mereka dapatkan entah dari sekolah maupun dari tempat les mereka, apalagi jika tes yang diikutinya terlalu banyak.

Dari sekian banyak les yang diikuti anak bisa membuat mereka menjadi lelah, kesal, sebal dan bahkan bisa menjadi benci pada orangtua karena terlalu memaksakan keinginan orangtua. Selain itu, dampak buruk dari les yang terlalu banyak akan merubah perilaku anak dari mulai memberontak atau melawan orangtua, minder pada teman-temannya dan lebih buruknya lagi, anak bisa memasuki pergaulan yang salah dan hal inilah yang sangat disayangkan jika anak terlalu dipaksakan keinginan orangtua untuk berbagai macam les.

Memang tidak salah jika para orangtua ingin membuat anaknya cerdas, tapi kita sebagai orangtua juga harus ingat jika terlalu memaksakan keinginan kita untuk mengikutkan les anak bisa berdampak buruk dan berikanlah mereka waktu untuk beristirahat, bermain bersama teman-temannya. Dengan cara itu anak tidak akan merasa stress dengan tugas yang bertubi-tubi entah dari sekolah maupun dari tempat les.


Semoga dari sini kita sebagai orangtua khususnya para ibu menjadi lebih paham dengan kondisi anak dan biarkan mereka melakukan hal yang mereka sukai, tapi ingatkan mereka jika mereka melakukan hal yang salah dan selalu ingat bahwa tidak semua keinginan orangtua bisa dilakukan oleh anak.
Advertisement
Buka Komentar
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.