Skip to main content

Tidak Sarapan Bikin Obesitas? Inilah 8 Resiko Berbahaya Melewatkan Sarapan

Banyak orang megiran jika tidak sarapan akan membuat tubuh menjadi lebih langsing dan ada juga yang mengatakan bahwa tidak sarapan akan menjadi lebih konsentrasi dalam suatu pekerjaan, namun nyatanya beberapa survei menunjukan bahwa melewatkan sarapan malah beresiko bagi kesehatan tubuh, apakah benar demikian?
Tidak Sarapan Bikin Obesitas? Inilah 8 Resiko Berbahaya Melewatkan Sarapan

Saat kita masih kecil kita sering sekali disuruh oleh orangtua kita untuk sarapan terlebih dahulu sebelum kita sekolah atau melakukan aktifitas, para orangtua menyadari betapa pentingnya sarapan dalam melakukan aktifitas. Namun banyak juga yang sebaliknya dimana banyak yang mengatakan lebih baik tidak sarapan karena bisa lebih fokus dan makan siang jauh lebih baik, hingga akhirnya beberapa orang telah melakukan survei dan ternyata ada beberapa resiko bahaya bagi kesehatan kita jika melewatkan sarapan dan berikut adalah 8 Resiko Berbahaya Jika Kita Melewatkan Sarapan

1. Obesitas 
Menurut ahli gizi, jika seseorang melewatkan waktu sarapan biasanya mereka akan makan lebih banyak di waktu siang dan juga waktu malam dan bahkan mereka yang melewatkan sarapan bisa memakan apa saja yang ada di depan matanya sehingga bisa membuat seseorang yang melewatkan sarapan akan menjadi obesitas.

2. Penyakit lambung
Menurut survei, dari kita makan malam hingga pagi hari melewatkan waktu 7-8 jam dan jika di pagi hari kamu tidak sarapan, maka lambung kamu akan semakin lama kosong dan asam lambung sangat mudah meningkat sehingga bisa membuat kamu merasa sakit perut karena nyeri dan juga maag.

3. Gula darah rendah 
Melewatkan sarapan juga bisa membuat gula darah rendah, apalagi jika mereka yang menderita diabetes hal ini sangat bahaya dan bisa menyebabkan keringat berlebih, gemetaran, sakit kepala dan sangat sulit untuk berkonsentrasi.

4. Sembelit/Susah BAB
Kebanyakan yang melewatkan sarapan biasanya menyebabkan sakit maag dan hal ini akan mempengaruhi pergerakan usus kamu dan jika usus bergerak tidak normal maka bisa menyebabkan sembelit atau susah buang air besar, jadi mendingan kamu sarapan saja yah.

5. Lemas dan telmi
Nah yang satu ini kita semua harus tahu, banyak yang mengatakan jika tidak sarapan akan membuat kita lebih konsentrasi tapi nyatanya, seseorang yang melewatkan sarapan akan kekurangan nutrisi dan akan membuat otak sulit untuk berkonsentrasi, karena hal ini juga akan membuat kita lemas dan berpikir sangat lambat.

6. Batu empedu
Dari sekian banyak survei yang dilakukan, ternyata batu empedu disebabkan karena mereka melewatkan sarapan, dikutip dari epochtimes.

7. Stroke 
Bagi mereka yang memiliki tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan diabetes akan meningkatkan resiko stroke jika mereka melewatkan sarapan, maka dari itu lebih baik kamu sarapan saja ya karena gak ada salahnya kok dari pada nanti kamu terkena stroke.

8. Mudah terserang penyakit berbahaya 
Melewatkan sarapan akan membuat tubuh kamu mudah terserang penyakit berbahaya, karena biasanya orang yang melewatkan sarapan akan menjadi lemas dan hal inilah yang akan membuat kamu lebih mudah terserang suatu penyakit berbahaya.

Makanan yang baik dikonsumsi saat sarapan


  • Saat kamu bangun tidur minumlah air hangat dua gelas
  • Waktu sarapan yang baik adalah 30 menit dari kamu bangun tidur, jadi saat kamu bangun tidur jangan langsung sarapan ya tapi tunggu dulu 30 menit dan baru deh kamu bisa sarapan
  • Hindari atau kurangi sarapan dengan makanan yang digoreng atau yang memiliki kandungan minyak didalamnya, serta hindari juga makanan yang berkalori tinggi.
  • Kamu bisa konsumsi roti gandung dengan susu atau jika tidak ada, kamu juga bisa sarapan dengan mie ditambah dengan telur
  • Sarapan dengan sayuran dan juga buah-buahan 

Resiko berbahaya diataslah yang bisa terjadi jika kalian melewatkan waktu sarapan, namun meski ada banyak orang yang berbeda atau dalam kata lain tidak seperti yang dikatakan diatas meski mereka tidak sarapan, tapi para dokter menyarankan agar kita tidak melewatkan waktu sarapan demi kesehatan tubuh kita masing-masing dan jika sudah memiliki anak, jangan lupa buat mengingatkan sang anak agar tidak lupa sarapan yah, semoga tulisan ini bermanfaat bagi banyak orang.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar