Skip to main content

Lebih Bagus Asuransi atau Tabungan Pendidikan?

Setiap orang tua pasti menginginkan pendidikan yang terbaik dan prioritas bagi anak-anaknya. Tetapi upaya untuk memberikan pendidikan yang berkualitas harus terganjal oleh biaya pendidikan yang semakin tinggi dari tahun ke tahun. Hal tersebut membuat orang tua harus bekerja lebih keras demi mencukupi biaya pendidikan buah hatinya. Agar hal tersebut tidak semakin buruk maka sebaiknya persiapkan dana pendidikan anak sedini mungkin.

Salah satu cara untuk mempersiapkan biaya pendidikan sejak dini yaitu dengan mengikuti asuransi pendidikan atau tabungan pendidikan. Kedua produk tersebut memang sangat banyak ditawarkan oleh perusahaan finansial maupun bank. Baik asuransi pendidikan maupun tabungan pendidikan pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun anda bisa memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kondisi anda.

Asuransi pendidikan maupun tabungan pendidikan memang sekilas terkesan sama. Namun keduanya memang berbeda terutama dari segi karakteristik maupun tingkat risikonya. Untuk tabungan pendidikan memang lebih berfungsi sebagai investasi. Sedangkan asuransi pendidikan merupakan alat proteksi di masa depan sehingga asuransi untuk anak yang satu ini banyak diincar oleh para orangtua.

Tabungan pendidikan kebanyakan sangat populer di kalangan ibu rumah tangga karena dianggap lebih aman. Instrumen tabungan pendidikan ditawarkan bank dengan skema menabung rutin melalui berbagai pilihan periode dan jumlah yang ditentukan.Selanjutnya tabungan akan dikunci oleh bank dan bisa dicairkan dalam periode tertentu sesuai waktu masuk anak sekolah.

Biasanya orantua yang awam dengan asuransi anak, akan lebih memilih tabungan pendidikan. Terlebih ada bunga tabungan yang menggiurkan dan bisa diperoleh setiap bulannya. Tetapi besarnya bunga tersebut ternyata masih belum bisa mencukupi kenaikan biaya pendidikan anak yang semakin meningkat tiap tahunnya.

Bagi orangtua yang ingin memiliki dana yang mampu meredam inflasi biaya pendidikan maka memilih asuransi pendidikan bisa menjadi bahan pertimbangan. Melalui asuransi pendidikan tersebut maka dana asuransi yang dibayarkan akan tetap diberikan meskipun sudah tidak membayar premi lagi. Adapula tambahan uang hasil investasi yang nilainya bergantung dari pengelolaan pihak perusahaan asuransi. Dapat disimpulkan bahwa asuransi pendidikan memberikan solusi yang relatif lengkap daripada tabungan pendidikan.

Demikianlah penjelasan mengenai lebih memilih asuransi pendidikan atau tabungan pendidikan yang bisa menjadi bahan pertimbangan anda. Berbagai produk asuransi memang semakin menjamur termasuk asuransi perlindungan jiwa syariah. Namun pastikan anda memilih produk asuransi yang terbaik dan terpercaya untuk jaminan masa depan buah hati tercinta.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar