Skip to main content

Beredar Foto Selfie Detik-detik Lion Air JT610, Ini Jawaban Kemenkominfo

Baru saja kita mendapatkan kabar duka tentang pesawat Lion Air JT610 yang jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat dan kini beredar sebuh foto-foto yang menunjukan penumpang serta kabin sebelum terjatuhnya pesawat.
Beredar Foto Selfie Detik-detik Lion Air JT610 Jatuh

Foto yang beredar di sosial media kini menjadi perbincangan masyarakat dan warganet, entah foto tersebut memang benar penumpang pesawat Lion Air JT610 atau bukan, namun Kemenkominfo mengabarkan dan memastikan bahwa foto unggahan yang kini viral di perbincangan hanyalah hoaks.
Berikut adalah sebuah gambaran dari foto yang beredar dan menggambarkan situasi didalam kabin sebelum pesawat tersebut jatuh.

1. Unggahan Foto Selfie Penumpang Pesawat Lion Air JT610 

Dari foto yang kini beredar di sosialmedia memperlihatkan empat orang penumpang yang seoalah sengaja mengambil foto mereka sendiri di dalam kabin, padahal jika memang benar pasti mereka tidak akan bisa menyempatkan diri untuk mengambil berfoto selfie karena pastinya mereka tengah tegang.

Empat orang dalam foto tersebut juga terlihat memakai masker oksigen dan memang masker tersebut merupakan salah fasilitas dari keselamatan untuk awak pesawat. Foto yang diunggah oleh akun bernama @westjournalpalma mendapat teguran dari pemerintah sehingga foto yang telah diunggah mereka kembali hapus karena teguran tersebut.

Salah satu admin @westjournalpalma mengatakan "Kami hapus, karena dapat teguran dari Kemenhub", dikutip dari kompas.com (29/10/2018).

Foto selfie yang diduga penumpang pesawat Lion Air JT610 merupakan hoaks dan orang yang ada didalam foto merupakan penumpang pesawat Sriwijaya Air saat terjadi turbulence di udara, ujar Ferdinandaus yang merupakan pelaksana Tugas Kepala Biro Humas Kementrian Komunikasi dan Informatika.

2. Unggahan Video Situasi di Dalam Kabin

Selain unggahan foto yang menghebohkan warganet, ternyata ada sebuah video yang juga menunjukan situasi detik-detik kejadian pesawat Lion Air JT610 jatuh. Dalam video tersebut memperlihatkan situasi di dalam kabin yang gelap dan para penumpang yang terdengar tengah berdoa.

Video yang di unggah oleh akun @merapi_singgalang pada pukul 12.00 WIB dan video ini telah ditonton oleh 260.020 orang. Namun Ferdinandaus kembali mengatakan bahwa video itupun merupakan hoaks dan mengatakan bahwa video tersebut merupakan video penerbangan Lion Air JT353 tujuan Padang - Jakarta yang mengalami turbulence, mesin mati dan lainnya, ucap Ferdinandaus dikutip dari kompas.com.

Pihak Kemenkominfo mendapat laporang tentang penyebaran video yang menunjukan situasi dalam kabin pesawat JT610 pada pukul 15.00. Ferdinandaus juga menyampaikan bahwa pihak Kemenkominfo tengah melakukan pencarian terhadap penyebaran video tersebut dan mencari tahu asal muasalnya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar