Efek Samping Dari Obat Untuk Tekanan Darah yang Perlu Anda Ketahui

Efek Samping Dari Obat Untuk Tekanan Darah yang Perlu Anda Ketahui


Penyebab utama timbulnya penyakit hipertensi ini adalah karena teralalu banyak memakan makanan mengandung kalori yang kurang baik bagi tubuh, sering minum-minuman yang mengadung alcohol, kafein dan soda, sering menghirup dan menghisap rokok dan juga bisa diakibatkan karena jarang berolahraga. 

Hipertensi atau darah tinggi ini tentunya sangat mengganggu sekali bila dibiarkan begitu saja, untuk itu harus segera diobati dengan berobat ke dokter ataupun dengan membeli obat hipertensinya di apotek terdekat. Kendati demikian, perlu anda ketahui juga bahwa dengan meminum obat hipertensi ini, tentunya akan menimbulkan efek samping yang cukup merepotkan. Adapun beberapa efek samping yang bisa diakiabatkan dari mengkonsumsi obat hipertensi ini adalah sebagai berikut :


1. Efek samping obat diuretic


Obat diuretic ini seperti diantaranya hydrochloroatiazide (HCT), indapamide, metolazone, bumetandine dan furosemide yang mana memiliki efek samping ingin terus buang air kecil, gampang merasakan kelelahan, kram pada kaki, nyeri dada dan bisa merasakan ada masalah pada jantung.

2. Efek samping obat ACE inhibitor


Contoh dari obat ACE (Angiotensin-converting enzyme) inhibitor ini seperti captopril, enalapril, lisinopril dan benazepril hydrochloride yang bisa menimbulkan efek samping seperti batuk, kehilangan indera perasa, pusing, mengantuk, sakit kepala, insomnia dan bisa mengakibatkan kehilangan nafsu makan.

3. Efek samping obat Calcium Channel Blocker (CCB)


Contoh dari obat ini adalah seperti amlodipine, clevidipine, diltiazem, felodipine dan isradipine. Obat dari jenis ini menyebabkan beberapa efek samping seperti kesulitan bernapas, detak jantung menjadi melambat, merasakan pusing kulit memerah, kulit melepuh, merasakan bengkak di tangan atau di kaki, dan bahkan bisa menyebabkan pingsan.

4. Efek samping obat Beta Blockers


Contoh obat jenis ini seperti atenolol, propranolol dan metoprolol yang bisa menumbulkan efek samping seperti nyeri perut bagian atas, gatal-gatal, sakit kuning, urin berwarna gelap, merasakan mual dan tinja berwarna menyerupai tanah liat.

Sebenarnya masih banyak sekali jenis obat hipertensi ini yang harus anda ketahui beserta efek samping yang bisa ditimbulkan. Untuk informasi lebih lengkapnya anda bisa mengunjungi website kesehatan terbaik dan terlengkap saat ini di Indonesia.

Advertisement
Buka Komentar
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.